searching

Rabu, 02 November 2011

pengembangan produk


Pengembangan Produk Amplang
 
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Dalam rangka menghadapi era globalisasi dan era persaingan baik secara nasional maupun internasional yang semakin ketat. Pihak pesaing akan selalu berusaha dengan sekuat tenaga untuk memenuhi keinginan konsumen. Mereka berusaha agar produknya lebih unggul dari produk pesaing.
Salah saru cara untuk menghadapi hal-hal tersebut di atas adalah dengan pengembangan produk yaitu melakukan perbaikan, penyempurnaan atau menghasilkan produk baru yang berbeda dengan produk baru yang telah ada sekarang ini. Pengembangan produk pada dasarnya adalah usaha yang dilakukan secara sadar dan berencana untuk memperbaiki produk yang sedang berjalan atau menambali jenis yang ada, juga harus mampu mengelolanya dalam menghadapi perubahan selera, teknologi dan persaingan yang semakin meningkat sehingga dapat mempertemukan keinginan pasar melalui produk karena konsumen cenderung mencari produk yang baru di pasar untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, hal ini disebabkan oleh banyak faktor antara lain yaitu perubahan selera, rasa bosan terhadap produk lama, prestise, dan menginginkan produk yang mempunyai kelebihan dan keunggulan.
Pengembangan produk baru atau menciptakan produk baru merupakan tugas yang sering terlupakan. Pada saat salah satu ataupun beberapa produk yang sedang dipasarkan itu berada pada tahap “kedewasaan” , maka pengusaha haruslah mulai memanfaatkan keuntungan yang diperolehnya dari produk yang berada pada tahap tersebut untuk mengembangkan ide penciptaan produk baru. Produk baru inilah yang diharapkan nantinya dapat menggantikan produk lama yang sedang jaya tersebut.
Penciptaan produk baru ini meliputi 3 hal
- produk yang sama sekali baru
- perubahan desain (redesaign)
- pembungkusan (packaging).
Pengembangan Produk pangan adalah beranekaragam-nya jenis produk pangan  yang dikonsumsi penduduk mencakup produk pangan  sumber energi, protein dan zat gizi lainnya, dalam bentuk bahan mentah maupun produk pangan  olahan sehingga dapat memenuhi kebutuhan produk pangan  penduduk baik kuantitas maupun kualitas.Adapun produk yang mempunyai prospek untuk dikembangkan diantaranya  produk amplang dan minuman teh rosella.
















Pengembangan produk amplang ( dari segi bentuk )
Amplang merupakan makanan yang banyak digemari semua kalangan karena teksturnya yang renyah dan gurih.Bahan baku utama dari amplang adalah ikan,seperti ikan tuna dan tenggiri dan berbentuk lonjong bulat.Permasalahan yang terjadi saat ini adalah tingkat kepuasan konsumen akan amplang menurun  hal ini karena tidak adanya variasi dan inovasi yang diberikan produsen kepada konsumen dari segi bentuk yang kurang menarik, karena hal pertama yang dilihat konsumen adalah bentuk yang menarik.Jika suatu produk  menampilkan bentuk yang tidak menarik,maka yang terjadi adalah hilangnya selera konsumen untuk membeli produk tersebut.Untuk menjawab permasalahan tersebut maka perlu adanya inovasi baru seperti dengan merubah bentuk dari yang telah ada.
Inovasi dari pengembangan produk amplang :         






                        Gambar 1                                           Gambar 2
Ket.
Gambar 1,bentuk produk  amplang lama
Gambar 2,bentuk produk baru  (iovasi )
Dengan inovasi ini diharapkan,produk amplang semakin menarik minat konsumen untuk membelinya.Sehingga  nilau jual amplang akan semakin tinggi.
Pengembangan produk teh rosella ( dari segi kemasan )
            Nama Rosella tenar hampir di seluruh penjuru dunia. Belakangan, tanaman ini juga mulai populer di Indonesia  sebab tanaman ini memiliki banyak kasiat.Kelopak Rosella bisa dikonsumsi dalam bentuk segar maupun dalam bentuk seduhan seperti teh. Teh satu ini sangat berkhasiat untuk kesehatan. Mulai dari menurunkan kadar kolesterol, diabetes, hipertensi, hingga asam urat. Teh ini juga berkhasiat mencegah oesteporosis dan baik dikonsumsi untuk ibu hamil dan bayi di dalam kandungannya.Manfaat dari teh  rosella ini masih terkendala oleh bentuk desain yang cenderung kurang praktis.Untuk itu perlu adanya perubahan yaitu dengan mengemasnya menjadi teh kotak siap saji
Inovasi kemasan dari teh rosella

Gambar 1                                                                  
                                                                                     Gambar 2
Ket;
            Gambar 1,bentuk kemasan teh rosella  lama
            Gambar 2,bentuk kemasan teh rosella baru
Dengan adanya inovasi pada kemasan teh rosella maka akan mempermudah konsumen dalam pemenuhan konsumen dalam pemenuhan khasiat akan teh rosella.


Daftar Pustaka

Anonim.Manfaat Teh Rosella.                       http://deatta.wordpress.com/2008/04/17/teh-rosella-yang-banyak-manfaatnya/. Diakses tanggal 18 oktober 2010.
Nurwantoro,dkk,1997.Dasar Pengembangan Produk,penerbit Kanisius;Yogyakarta.
Pratiwi,D.A,dkk.,2004. Pemasaran dan pengembangan Produk baru,Erlangga;Jakarta.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar